Desa Wisata Tana Toraja untuk Liburan Lebih Menarik

Ketekesu merupakan desa wisata tana Toraja yang sangat populer. Tempat ini merupakan desa dengan masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat tradisional. Apa yang ada di ketekesu? Toraja merupakan masyarakat yang memiliki upacara penguburan khusus disebut rambu solo. Jenazah yang telah mati akan dimakamkan setelah persembahan ternak telah terkumpul. Di ketekesu, Anda juga dapat melihat upacara tersebut. Tentu saja, upacara tidak dilangsungkan setiap saat. Rambu solo yang besar atau meriah hanya dilakukan oleh keluarga bangsawan atau kaya raya. Kerbau-kerbau yang dipersembahkan mencerminkan status sosial dari keluarga tersebut.

Bagi masyarakat biasa, upacara dilakukan dengan lebih sederhana. Penguburan jenazah dilakukan pada kuburan adat yang terletak di tebing. Jenazah yang dikubur akan dilengkapi dengan harga. Kerbau yang dipersembahkan merupakan kendaraan mereka yang telah mati dan harta dianggap sebagai bekal. Di desa wisata, wisatawan juga dapat melihat beragam tongkonan yaitu rumah adat masyarakat tana Toraja. Tongkonan juga digunakan sebagai penyimpanan jenazah sebelum upacara penguburan. Upacara lain yang juga di adakan adalah pembersihan. Setiap tiga tahun sekali, jenazah dibersihkan dan diganti dengan pakaian yang baru. Upacara ini juga menarik perhatian banyak orang.

Batutumonga juga layak dijadikan salah satu desa wisata tana Toraja. Anda dapat menemukan penginapan berupa tongkonan yang digunakan wisatawan untuk bermalam. Apa yang menarik dari batutumonga? Banyak yang menjuluki tempat ini sebagai negeri di atas awan. Secara geografi, lokasinya berada di gunung sesean yang merupakan puncak tertinggi di Toraja. Perlu anda ketahui, Toraja bermakna masyarakat gunung. Namun, bentuk tongkonan menyerupai kapal atau perahu sehingga sangat menarik untuk ditelusuri. Terlepas dari hal tersebut, Anda akan melihat kabut tebal yang melingkupi areal ini sehingga seperti melayang diatas tanah.

Masih ada beberapa desa wisata tana Toraja. Wisata budaya dan alam masih menjadi daya tarik utama bagi wisatawan ketika berkunjung ke Toraja. Selain itu, pengalaman hidup dengan suasana tradisional merupakan hal yang tidak dapat dilupakan. Jadi, Toraja harus menjadi destinasi wisata yang berada di puncak daftar wajib dikunjungi dan jangan lupa hubungi penyedia paket wisata ke toraja untuk kesini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *