Haruskah Sebuah Bisnis Memberikan Layanan Delivery Order?

Bisnis Memberikan Layanan Delivery Order
Bisnis Memberikan Layanan Delivery Order

Setiap unit usaha pastinya menginginkan omset besar, dan salah satu cara meraihnya adalah dengan memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumen atau pelanggannya. Ada banyak cara bisa dilakukan untuk permasalahan ini, salah satunya adalah memberikan layanan ekstra seperti layanan delivery order.

Saat ini sedang layanan pesan antar memang sedang ‘booming’ mengingat ini adalah cara mereka untuk memuaskan para pelanggan. Mengapa? Anda pastinya sudah paham bahwa masyarakat khususnya diperkotaan adalah orang-orang sibuk dan lebih menyukai hal praktis serta cepat.

Ada kalanya mereka enggan pergi ke sebuah toko karena saking sibuknya hingga membutuhkan layanan delivery order. Cukup dengan telepon atau SMS, kemudian menentukan produk yang dibutuhkan, maka pesanan Anda akan segera dikirim ke rumah maupun kantor.

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha bisnis yang bisa memberikan layanan delivery order (khususnya untuk area yang terjangkau atau dalam kota):

• Usaha restoran, café atau minuman
• Usaha sembako (agen gas dan air minum galon)
• Usaha toko peralatan dan bahan bangunan
• Usaha penjualan barang elektronik (lemari es, AC, dan dsb)
• dan berbagai usaha lain

Perlukah Bisnis Memberikan Layanan Delivery Order?

Nah yang menjadi pertanyaan perlukan usaha Anda memberikan layanan ini? Jawabannya relatif, bisa iya bisa tidak. Tergantung pada para konsumen apakah diantara mereka banyak yang membutuhkan layanan ini. Sekali-kali Anda harus menanyakan pada mereka apakah mereka menginginkan delivery order? Atau Anda bisa inisiatif sendiri langsung memberikan layanan delivery order.

Di area perkotaan pastinya layanan semacam ini perlu diberikan, kecuali memang usaha Anda adalah bisnis yang memerlukan konsumennya harus datang langsung ke tempat langsung seperti usaha cuci motor, bengkel, butik, salon dan sebagainya.

Berikut ini alasan mengapa layanan delivery order diperlukan:

  • Kesibukan masyarakat meningkat terutama diarea perkotaan, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Mereka terlalu sibuk di kantor dan tidak memiliki waktu untuk pergi makan di restoran.
  • Masalah kemacetan menjadi alasan utama mengapa delivery order diperlukan. Hanya untuk membeli sesuatu Anda tentu tidak ingin waktunya terbuang sia-sia dijalan raya bukan?
  • Terkadang konsumen membutuhkan produk mendadak seperti untuk keperluan yang tidak direncanakan. Delivery order menjadi solusi yang benar-benar jitu dan menyelamatkan.
  • Layanan ini bisa menjadi pembuktian kualitas layanan, apakah benar-benar seperti yang tertulis pada slogan. Dan apakah produk sama kualitasnya ketika dibeli di tempat langsung dengan dibeli via pesan antar.

Pada dasarnya lebih banyak keuntungan ketimbang kerugian yang akan Anda dapatkan ketika memberikan layanan pesan antar. Berikut ulasannya:

Order semakin meningkat

Dengan adanya layanan ini sudah jelas order akan semakin meningkat. Tetap saja ada konsumen yang datang langsung dan ada yang memanfaatkan layananan delivery order. Dampaknya sudah tentu akan berpengaruh pada perkembangan usaha Anda semakin maju.

Citra usaha Anda semakin bagus

Anda akan memiliki bisnis yang benar-benar bagus di mata masyarakat jika memberikan layanan delivery order. Yang pasti usaha Anda akan terlihat bonafit.

Mendapatkan pelanggan tetap

Jangan pernah menyepelekan mengenai mendapatkan pelanggan tetap. Merekalah yang akan rutin membeli produk Anda. Dan dengan layanan ini Anda semakin berpeluang besar untuk mendapatkan pelanggan tetap baru dan lebih banyak.

Komunikasi dengan pelanggan lebih intens

Ketika di tempat usaha Anda terlalu sibuk untuk berkomunikasi lebih dekat dengan para pelanggan. Nah, ketika Anda atau kurir mengantarkan pesanan ke rumah, pastinya akan ada komunikais yang lebih dekat. Dirumahnya sendiri seorang pelanggan akan lebih bebas mengungkapkan apa keluhan tentang produk.

Mereka bisa mengungkapkan bahwa pesanan dahulu rasanya terlalu asin atau barang yang dahulu di beli ada sedikit kerusakan. Secara tidak langsung Anda akan mendapatkan masukan, kritik dan saran.

Sudah banyak buktinya sebuah unit usaha akan mengalami kenaikan omset hingga 20% hingga 40% saat bisnis memberikan layanan delivery order. Jadi mengapa Anda ragu untuk memberikan layanan ekstra semacam ini? Artikel ini bisa menjadi referensi dan pertimbangan untuk Anda segera menjalankann layanan delivery order.

Baca juga: Bisnis Sayuran, Bisnis Yang Tidak Akan Pernah Mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *