Cara Membersihkan Usus Dengan Metode “Menyesuaikan Pola Makan”

Usus berperan penting dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan dari dalam tubuh. Usus juga membantu mengatur kelancaran buang air besar dalam sistem pencernaan. Orang yang sehat yang tidak mempunyai masalah pada pencernaan, tidak perlu membersihkan usus mereka, tetapi jika mengalami konstipasi, mungkin perlu mengeluarkan seluruh kotoran yang ada di dalam usus untuk meringankan jaringannya. Anda juga dapat membersihkan usus dengan menyesuaikan pola makan dan gaya hidup. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter, bagaimana membersihkan usus secara profesional dan aman.

1. Tingkatkan asupan serat dalam makanan

Serat dapat membentuk massa dan membantu melunakkan tinja, serta berperan dalam gerak Peristaltik (kontraksi berirama pada usus) yang memicu proses BAB. Serat juga membantu usus dalam mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh lebih efisien. Jadi, usahakan untuk mengkonsumsi sekitar 20gram sampai 35gram serat dalam satu hari. Pastikan menu makanan terdiri atas 5 sajian buah, sayuran dan juga serealia utuh. Sertakan serealia utuh 100% seperti beras cokelat, quinoa, oatmeal, jawawut, dan jagung.

Biji rami (flax seed), kulit ari gandum, dan oat merupakan sumber makanan yang kaya serat. Anda bisa mengolah biji rami di rumah, memasukkannya ke dalam smoothie, atau menambahkannya ke dalam makanan yang lain.

Kandungan yang kaya akan serat dapat diperoleh dari strowberry, apel, blueberry, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Tingkatkan asupan sayuran berdaun hijau

Selain mengandung serat, sayuran berdaun hijau juga mampu memberikan nutrisi yang membantu dalam merwat dan menyehatkan usus. Usahakan untuk menyertakan paling tidak satu sayuran berdaun hijau setiap makan, atau bisa juga sebagai camilan. Wheatgrass, kubis, sawi, kale, bayam, kacang polong, dan rumput jelai adalah sayuran berdaun hijau yang bagus.

Sayuran juga dapat dinikmati sebagai camilan dengan mencelupkannya ke dalam hummus, tzatziki, atau baba ganoush.

3. Minum banyak air

Agar dapat berfungsi secara normal dan mengeluarkan bakteri atau kotoran di dalam saluran cerna, usus membutuhkan air. Usahakan untuk minum paling tidak 13 gelas air dalam sehari jika Anda pria dewasa, dan 9 gelas air dalam sehari jika Anda wanita dewasa. Biasakan membawa botol berisi air kemanapun pergi, sehingga Anda dapat mengembalikan cairan tubuh sepanjang hari. Anda juga mungkin perlu mengatur pengingat di ponsel untuk memastikan minum paling tidak 9 gelas air dalam sehari.

Coba tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, dan mentimun ke dalam air untuk membuat rasanya lebih bewarna. Anda juga boleh menambahkan tanaman herbal seperti daun mint ke dalam air minum.

4. Hindari konsumsi alkohol

Usahakan tidak minum-minuman beralkohol seperti bir, anggur, dan minuman lain yang sejenis. Minuman seperti ini dapat mendehidrasi tubuh dan menimbulkan konstipasi. Konstipasi dapat menyebabkan usus tersumbat dengan tinja keras dan padat yang sulit untuk dikeluarkan. Selain hal itu, alkohol juga akan menghambat gerak peristaltik usus dan dorongan buang BAB sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya konstipasi.

5. Batasi asupan produk olahan susu

Produk olahan susu juga dapat memperparah gejala konstipasi, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Jika Anda mengalaminya, padahal aktif minum banyak cairan, berusahalah untuk mengurangi atau menghentikan konsumsi produk olahan susu untuk sementara waktu.

6. Minum secangkir kopi atau teh

Kafein dapat membantu menstimulasi usus sehingga membantu buang air besar. Minuman panas juga mungkin dapat menstimulasi usus. Biasakan minum secangkir kopi, teh hitam, atau teh hijau panas untuk membantu kerja usus.

7. Konsumsi makanan fermentasi

Makanan fermentasi mengandung probiotik yang merupakan bakteri bermanfaat bagi usus. Makanan ini akan mengandung bakteri baik ke dalam saluran cerna sehingga membantu usus berfungsi dengan baik. Yoghurt, miso, kimchi, dan sauerkraut adalah beberapa makanan fermentasi.

Anda juga bisa menggunakan suplemen probiotik, yang dapat Anda peroleh dari penjual toko makanan kesehatan atau agen fiforlif semarang terpercaya sebagai cara menurunkan berat badan yang alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *